Desain grafis
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar
untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain
grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam
disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang,
produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang
digunakan (disain).
Sejarah
Ilmu desain grafis belum begitu lama ada, Istilah graphic design yang
berarti Desain Grafis pertama kali dikemukakan oleh William Addison
Dwiggins pada tahun 1922, sebenarnya sejak zaman prasejarah sudah ada
aktivitas manusia untuk membuat seni yang seperti desain grafis,
beberapa diantaranya adalah di Gua Lascaux, Kolom Trajan Roma, Manuskrip
abad pertengahan, dan Neon Ginza. Dalam sejarah yang panjang dan
seiring perkembangan komunikasi visual di abad 20 dan 21, Banyak terjadi
kesaaman pada seni periklanan, desain grafis, dan seni rupa.
Selama Dinasti Tang (618-907) antara abad ke-7 dan 9, kayu dipotong
sebagai cetakan untuk mencetak pola pada tekstil dan kemudian untuk
mencetak teks agama Budha. Sebuah kitab agama Buddha yang dicetak pada
tahun 868 adalah buku hasil cetakan pertama di dunia. Sejak abad ke-11,
buku yang lebih tebal diproduksi menggunakan pencetakan mekanik, hal ini
membuat buku banyak tersedia selama dinasti Song (960-1279). Pada tahun
1450, mesin cetak Johann Gutenberg menjadikan buku tersedia di Eropa.
Desain buku Aldus Manutius menjadi dasar desain buku di percetakan
Negara-negara barat. Masa ini disebut sebagai Era Humanis atau Era Lama.
Pada akhir abad ke 19, di Inggris, muncul pergerakan yang memisahkan desain grafis dari seni rupa.
Pada tahun , Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh
dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang
pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design
and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai
perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya
Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott
mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts
and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan
untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi
pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori
pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya
dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau,
dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada
awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah
esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis
oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap
sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada
judulnya
The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik
pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward
Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni
yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat
sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan,
perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada
tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold,
Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah
tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita
kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan
sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat
banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II,
kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan
dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago
pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama-
nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf
Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai
kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan
menerapkannya padaiklan dan desain logo.
Perkembangan industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan
konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain
yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali
diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di
majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu
pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain
grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann,
Ellen Lupton and Rick Poynor.
Wujud-wujud desain grafis dapat dengan mudah ditemui di mana-mana.
Brosur, surat kabar, surat-surat tagihan, kartu kredit, tagihan listrik,
uang, halaman Facebook, twitter, di BB, di iPad, iklan majalah, billboard,
rambu lalu lintas, logo, pada papan nama restoran, pada bungkus permen,
pada kartu nama, dan lain-lain, semua itu adalah wujud desain grafis
yang sering dijumpai. Kalau diperhatikan, rata-rata diterapkan dalam
bidang datar (dua dimensi*).
Semua benda itu fungsinya untuk berkomunikasi,
menyampaikan identitas dan pesan dari suatu pihak ke pihak lainnya.
menyampaikan identitas dan pesan dari suatu pihak ke pihak lainnya.
Contohnya sebuah billboard berisi Iklan sepeda motor, bertujuan untuk:
menyampaikan identitas dan pesan ajakan dari si produsen kepada masyarakat: “ayo beli motor ini, gesit, irit”.
menyampaikan identitas dan pesan ajakan dari si produsen kepada masyarakat: “ayo beli motor ini, gesit, irit”.
Supaya dapat ditangkap lebih cepat dan tepat oleh target audience**,
maka pesan-pesan yang berupa teks, gambar, foto, maupun elemen lainnya
itu diberi identitas, ditata letaknya, diberi warna dan atribut lain
yang menarik perhatian.
Itulah desain grafis.
Sedangkan Desainer Grafis adalah pelaku desain grafis, yang
mewujudkan / menerjemahkan pesan-pesan (abstrak) tersebut ke dalam wujud
(kongkrit) yang bisa dilihat, dipegang dan dirasakan.
Jadi posisi desainer grafis adalah sebagai jembatan antara pihak
pengirim pesan (klien, atau bisa juga dirinya sendiri) dan pihak
penerima pesan (target audience).
*Dua Dimensi (2D): hanya memiliki dimensi panjang dan dimensi
lebar (bidang datar), kalau Tiga Dimensi (3D) memiliki dimensi panjang +
lebar + kedalaman, berarti memiliki volume / ruang.
Contoh 2D: brosur, billboard, koran. Contoh 3D: bolpen (desain produk), ruang tidur (desain interior), pakaian (desain fashion).
**Target Audience / target group: sekelompok orang tertentu yang menjadi sasaran komunikasi.
0 komentar: